PPC Iklan Blogger Indonesia

Social WEB

Monday 10 September 2012

Tips Agar Pakaian Lama Selalu Nampak Baru

Salah satu alasan anda untuk memutuskan membeli baju baru adalah karena baju yang lama sudah terlihat kusam dan warnanya sudah mulai memudar. Kadang baju lama kita bisa melar bahkan mengkerut akibat daro kesalahan kita dalam mencuci.
Sebenarnya baju usang yang kita punyai masih bisa terlihat seperti baru asal kita tahu bagaimana cara merawat baju yang usang. Kesalahan kita adalah ketika baju telah usang buru-buru kita membeli baju baru, padahal baju yang lama pun masih layak kita pakai. Ironisnya baju-baju usang kita langsung kita gunakan untuk pel, keset, dan lap. Tragisnya nasib baju yang telah usang, padahal kita membeli baju tersebut dengan harga yang mahal. Sayangkan kalo baju merk luar negeri dan terkenal berakhir menjadi keset di WC. Lalu, bagaimana cara yang benar untuk membuat pakaian anda selalu terlihat baru? Ini dia beberapa triknya

1. Jangan Sering Mencuci Baju
  Mungkin selama ini anda adalah tipe si bersih yang selalu berganti pakaian lebih dari dua kali dalam satu hari, walaupun baju bersih anda baru digunakan selama 3-5 jam saja. Jika iya, biasakan untuk tidak langsung mencuci baju yang baru dipakai selama beberapa jam dan tidak terkena kotoran atau keringan. Cukup gantung dan angina-anginkan saja baju anda karena terlalu sering mencuci akan mempercepat rusaknya baju anda.  

2.  Hindari Menggunakan Deterjen Murahan
   Sekarang ini, berbagai jenis deterjen murah beredar di pasaran, dan dengan memakai deterjen yang murah memang membuat belanja bulanan anda menjadi lebih hemat. Namun tahukah anda bahwa menggunakan deterjen murahan akan membuat pakaian anda lebih cepat pudar. Atau anda dapay menggunakan cara tradisional, dengan menggunakan 2 sendok makan cuka yang dicampur dengan air untuk merendam pakaian selama 10-15 menit.

3. Pisahkan Cucian
 Jika anda mencuci pakaian, biasakan untuk memisahkan cucian ke dalam 4 tipe:
  • pakaian berwarna putih
  • pakaian berwarna gelap (hitam, biru tua, cokelat tua)
  • pakaian berwarna cerah (pink, merah daan kuning)
  • pakaian berbahan lembut yang harus dicuci dengan tangan seperti underwear, pakaian berbahan sutra dan sebagainya.  
4. Gunakan MSG untuk menghilangkan noda
  Jika anda akan mencuci pakaian yang terkena noda yang sulit dihilangkan seperti noda darah, minyak, minuman dan makanan, cobalah untuk merendam pakaian anda ke dalam seember air yang sudah dibubuhi satu sendo MSG atau vetsin, setelah itu baru anda kucek seperti biasa.

5. Jangan bergantung pada mesin pengering
Meski memudahkan anda dalam mencuci, ada baiknya anda sesekali meninggalkan mesin pengering dan menjemur pakaian anda agar warna pakaian tidak pudar. 

0 comments:

Post a Comment