Social WEB

Tuesday, 11 September 2012

5 Trik Mencuci Jas

Setelah anda membaca postingan saya sebelumnya yaitu 8 Tips Merawat Jas Secara Baik dan Benar sekarang akan saya berikan 5 Trik Mencuci Jas agar jas anda awet.
Ada baiknya sebelum anda mencuci jas anda perhatikan hal-hal yang bisa memperpendek usia jas, dan hindari untuk mencuci dengan cara di-ucek.
Sebenarnya untuk mencuci jas tidak melulu diserahkan ke laundry, karena kita pun bisa mencucinya sendiri tanpa diserahkan ke laundry...yah itung..itung buat menghemat anggaran biaya.
Seharusnya perlakuan khusus pada jas akan membuat kita untuk lebih berhati-hati dalam merawat pakaian kita, bahkan pakaian yang kita kenakan sehari-hari. Nah, agar anda tahu bagaimana mencuci jas secara baik, perhatikan trik-trik berikut ini.

  1. Sebelum anda mencucinya, anda perlu tahu jas tersebut terbuat dari kain apa, apakah dari kain woll, drill, atau kain lainnya. Untuk mengetahuinya anda harus bertanya dimana jas anda dijahitkan. Untuk Penjahit Asako Terong sebelum jas di jahit anda akan diberitahu dulu jenis kain apa yang akan anda jahitkan.
  2. Setelah anda tahu jenis jas anda, sekarang menentukan kapan waktunya anda mencuci jas anda, indikator yang gampang adalah bau dan noda, apabila jas anda sudah tercium bau yang tak sedap mungkin jas anda telah terdapat bakteri atau jamur yang berkembang subur pada kain jas, karena biasanya jas disimpan pada plastik tertutup dan biasanya disimpan dalam waktu lama sehingga udara didalam plastik jas menjadi lembab
  3. Ada 2 macam cara mencuci jas yaitu proses wetcleaning (pencucian dengan menggunakan air) & drycleaning (pencucian menggunakan cairan kimia sulvent  / pengganti air) disinilah banyak orang salah dalam penentuan proses pencucian, pakaian yang bebahan wool tidak dapat dicuci dengan air biasa harus menggunakan teknik drycleaning, karena jas akan mengkerut dan berubah bentuk apabila terkena air atau sabun biasa, biasanya Tailor mencantumkan tulisan DRY CLEANING ONLY pada luar jas ataupun di dalam jas. untuk proses wetcleaning dapat digunakan proses pencucian biasa.
  4. Proses Setrika; pada tahap ini harus diingat bahwa menyetrika jas berbeda dengan pakaian biasa, penyetrikaan jas tidak boleh ada lipatan atau garis sedikitpun baik itu di kerah maupun lengan, gunakan panas setrika sesuai dengan jenis pakaian
  5. Proses penyimpanan; penyimpanan jas tidak boleh dilipat atau di masukkan kedalam lemari dalam waktu lama, karena jas akan berjamur, penyimpanan jas yang baik adalah digantung dan ditutup plastik pembungkus jas, dan ingat Jas harus sering diangin2kan supaya terbebas dari bakteri dan jamur.
Nah...selamat mencuci.......


0 comments:

Post a Comment