Social WEB

Friday, 5 April 2013

Tehnik Menjahit Saku Samping Celana dan Rok.


Saku adalah bagian terpenting dalam sebuah pakaian. Dengan saku kita bisa mengantongi makanan dan uang agar aman.Nah, pada bahasan kali ini saya akan membahas tentang tehnik menjahit saku samping celana dan rok.
Sama dengan menjahit pakaian, sebelum menjahit saku kita harus membuat patron bentuk sakunya, bisa berupa kotak empat persegi panjang berukuran lebar 15 cm dan panjang 30 cm, dimana salah satu pola kantong tersebut dibuat miring tepat dengan kemiringan dari gambar pola celana depan. Bentuk kotak empat persegi panjang bisa dirobah menjadi bentuk lain yang lebih baik.

Bibir saku pada pola celana depan dijahit dengan bibir saku pada pola saku yang miring. Karena kemiringan bibir saku pada pola kantong mengikuti kemiringan bibir saku pada pola celana depan, maka setelah dijahit hasilnya bisa rapi dan mapan. Jahitan pada bibir saku dibalik, lalu dijahit lagi supaya kerapian dan kemapanannya terkunci.

Pola kantong saku yang lurus ditepatkan dengan pola kantong saku yang miring, dan kantong saku tersebut dijahit. Yang dijahit hanya pola kantongnya saja, tidak berikut pola celananya. Supaya kuat dan rapi, sebaiknya jahitan kantong saku ini menggunakan stik-balik.

Sekarang jahitlah kantong saku tersebut dengan pola celana depan. Pada pola kantong saku sederhana yang berupa kotak empat persegi panjang, yang dijahit adalah bagian pinggang dan bagian samping, tepat dimulai dari batas bawah bibir saku. Pada pola kantong saku yang dibuat lebih mapan, yang dijahit masih ditambah dengan bagian tengah pada posisi resleting bagian atas. Bentuk kantong saku ini lebih rumit membuatnya, tetapi hasilnya lebih rapi. 

Setelah kantong saku samping terpasang, sekarang bentuk pola celana depan menjadi serasi dengan bentuk pola celana belakang, karena kemiringan bibir saku pada pola celana depan telah hilang, menjadi rata pinggang atas dan sisi sampingnya, karena mengikuti bentuk pola kantong saku yang lurus.

Demikian tehnik menjahit saku samping celana dan rok, semoga bisa membantu anda dalam berlatih menjahit.

0 comments:

Post a Comment