Social WEB

Thursday, 4 April 2013

Cara Merawat Gamis Sesuai Dengan Jenis Kainnya


Gamis bukan lagi sekedar busana muslim, tetapi gamis sudah bermetamorfosis menjadi pakaian yang trendy yang banyak dikoleksi dan dipakai oleh para muslimah. Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang jenis kain untuk bahan gamis sekarang saya akan membahas cara merawat gamis sesuai dengan jenis kainnya. Pada artikel sebelumnya sudah saya tulis bahwa kain gamis banyak ragamnya. Semakin banyak ragamnya maka cara perawatannya pun berbeda-beda antara satu kain ke kain lainnya.

1. Gamis Berbahan Kain Satin
Baju gamis berbahan kain satin dicuci dengan air dingin dan deterjen khusus untuk kain lembut. Hindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Rendam dalam air selama sekitar 10 menit sebelum mencuci. Kemudian kucek dengan pelan-pelan dan bilas 3-4 kali hingga bersih lalu jemur tanpa diperas.

2. Gamis Berbahan Kain Katun
Merawat baju gamis dari kain katun relative mudah. Kain katun bisa dicuci dengan diterjen biasa yang digunakan untuk mencuci pakaian. Gamisers bisa mencuci dengan mesin cuci atau dengan mengkucek seperti biasa. Jangan terlalu kencang saat mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Pengeringan tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung agar pakaian lebih awet. Gunakan gantungan pakaian saat menjemur agar bentuknya terjaga. Jangan menjemur dengan melipat pada tali jemuran. Untuk membersihkan noda yang membandel pada katun warna putih atau warna terang, gamisers bisa menggunakan air hangat agar noda mudah hilang. Namun untuk katun warna gelap jangan gunakan air hangat karena dapat melunturkan warna. Bisa juga menambahkan pemutih pakaian khusus untuk katun berwarna putih seperti baju sekolah. Namun perlu diperhatikan apakah ada peringatan penggunaan pemutih karena beberapa jenis kain katun rentan terhadap pemutih pakaian.

3. Gamis Berbahan Kain Sutera
Kain berbahan sutera sangat rentan terhadap panas, setelah selesai mencuci jangan menjemur gamis sutera anda di bawah terik matahari. Jemurlah di tempat yang agak terlindung dari sinar matahari, cukup diangin-anginkan.
Saat menyetrika setel suhu setrika kurang dari 110 derajat, setel suhu serendah mungkin karena sifat sutra adalah rentan terhadap panas. Saat mencuci pisahkan gamis sutera anda dengan pakaian lainnya karena sutra dapat rusak jika terkena zat chlorine/asam. Pakailah detergen yang memiliki kadar zat yang rendah/atau sabun lunak. hal ini dapat menjaga ketahanan kemilau sutra dalam waktu yang lama. Hindari memeras bahan sutra dalam keadaan basah, atau ketika akan menjemur pakaian berbahan sutra. Usahakan untuk tidak menyimpan pakaian berbahan sutra dalam tempat yang lembab. hal ini sebagai antisipasi adanya ngengat yang dapat menghinggapi pakaian sutra anda.
Nah, mudah bukan cara merawat gamis sesuai dengan jenis kainnya? Semoga paparan di atas bisa membantu anda dalam merawat gamis kesayangan anda agar awet dan tahan lama.

0 comments:

Post a Comment